Siaran Pers: Peringatan Hari Bumi Internasional

23 - Apr - 2017 - by - Siaran Pers,Slider - No Comments »
Picture ofSiaran Pers: Peringatan Hari Bumi Internasional

*SIARAN PERS*
Jaringan Semarang Peduli Ibu Bumi

*Peringatan Hari Bumi Internasional;*
*Jawa Tengah Darurat Ekologi, Saatnya Selamatkan Ibu Bumi*

Semarang, 23 April 2017

Peringatan hari bumi internasional biasanya diperingati setiap tanggal 22 April 2017. Seperti didaerah-daerah lain, di Kota Semarang yang menjadi ibukota administratif dari Provinsi Jawa Tengah juga layak untuk dihelat suatu peringatan hari bumi. Kali ini, peringatan hari bumi internasional sengaja dilaksanakan tidak tepat pada tanggal 22 April, namun sehari setelahnya dan agar dapat bersamaan dengan gelaran car free day yang biasa dilaksanakan setiap hari minggu.

Mengambil tema “mari memaknai Bumi, mari selamatkan ibu bumi”, peringatan hari bumi pada tahun ini sekiranya dapat menjadi refleksi dan evaluasi bagi kondisi ekologi Indonesia khususnya Jawa Tengah yang pada dasarnya, kondisinya saat ini sangat mengkhawatirkan, hal ini kiranya penting agar setiap elemen masyarakat mengetahui kemudian memahaminya. Selain itu, di peringatan hari bumi kali ini pun selayaknya kita mengajak setiap elemen masyarakat agar berkomitmen menjaga ibu bumi ini. Bumi ini dimaknai layaknya seorang ibu yang telah memberikan segala asupan kebutuhan bagi kita manusia, hal ini pun tidak lepas pula dari filosofi bangsa ini yang memaknai tanah air ini sebagai ibu pertiwi.

Melihat kondisi ekologi Jawa Tengah saat ini, kiranya kita layak untuk melakukan refleksi dan di ikuti dengan tindakan nyata. Dapat di nilai bahwa saat ini Jawa Tengah telah dalam kondisi krisis ekologi, hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya yang kemudian menjadi sorotan adalah masifnya alih fungsi lahan yang seharusnya menjadi kawasan penyangga disulap menjadi kawasan industri, perumahan bahkan penambangan. Semisal kawasan pertanian yang subur di 3 (tiga) Kabupaten yaitu Pati, Rembang dan Grobogan yang terancam oleh rencana penambangan dan pendirian pabrik semen. Selain itu, ada kawasan pertanian dan ruang laut di Kabupaten Batang yang terancam pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang secara jelas merupakan penyedia energi yang tidak ramah lingkungan, belum lagi kawasan pesisir Semarang yang saat ini masif dilakukan pengurugan (reklamasi). Selain itu, masih banyak catatan-catatan mengenai alih fungsi lahan yang mengancam lingkungan. Sementara yang saat ini eksis terjadi seperti kawasan industri, perumahan serta tambang-tambang galian c.

Kegiatan penambangan, reklamasi pesisir-laut, penggunaan energi tak ramah lingkungan serta pembangunan-pembangunan yang tidak mementingkan fungsi ekologi telah menyebabkan terjadinya degradasi lingkungan yang kemudian menyebabkan krisis ekologi. Hal ini sudah selayaknya dihentikan, akan tetapi melihat kecenderungan kedepannya, hal ini cenderung masih akan berlanjut apabila di. Karena itu, dalam kesempatan peringatan hari bumi ini juga kita dapat secara bersama mengingatkan kepada Pemerintah agar tidak meneruskan kebijakan-kebijakan yang mengancam keberlangsungan lingkungan. Perlu di tekankan bahwa fungsi lingkungan ialah sebagai ruang hidup manusia, sehingga segala tindakan yang merusak lingkungan sama dengan merampas ruang hidup masyarakat.

Hal lain yang sekiranya perlu disoroti juga adalah perilaku masyarakat dalam membuang sampah serta hal-hal lainnya yang berperan dalam mendegradasi lingkungan. Sudah saat nya kita untuk sadar dan saling menyadarkan serta merubah segala tindakan yang dimulai dari diri sendiri untuk lebih mencintai bumi serta memulai segala tindakan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan yang dapat mengancam kehidupan.

Narahubung :
Ivan Wagner (081225767492)
Budi Setyawan (081259158971)

Jaringan Semarang Peduli Ibu Bumi : LBH Semarang, WALHI Jateng, Persaudaraan Lintas Agama (PELITA), Gusdurian, SPAK, PMII UIN Walisongo, Gusdurian, eLSA, Semarang Caver Asociation, KSMW, KP2KKN, GMPK, GBPK, LRC-KJHAM, Pattiro,



Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054