Press Release: Eksekusi terhadap Rumah Negara yang dihuni Putera-puteri Mantan Petinggi POLRI

30 - Mar - 2016 - by - Siaran Pers - No Comments »
Picture ofPress Release: Eksekusi terhadap Rumah Negara yang dihuni Putera-puteri Mantan Petinggi POLRI

Press Release

Eksekusi terhadap Rumah Negara yang dihuni Putera-puteri Mantan Petinggi POLRI yang dahulu berdinas di POLDA Jateng selama 50 tahun, Tidak Berperikemanusiaan dan melanggar HAM !

Bahwa para korban adalah  keluarga besar POLRI yang terdiri dari para janda dan putra-putri anggotaPOLRI yang sudah sejak tahun 1956 hingga saat ini (tahun 2016) telah menempati 9 rumah dan tanah millik Negara di Jl. Lampersari Semarang, atau setidak-tidaknya telah menempati selama 50 tahun. Pada saat itu para personil POLRI beserta keluarganya memperoleh ijin menempati rumah dari Dinas Jawatan Gedung Gedung Kota Semarang yang kemudian beberapa diantaranya diperkuat lagi dengan surat Ijin Penempatan dari Dinas Urusan Perumahan Daerah Tingkat I Jateng.

Bahwa selama kurang lebih 40 tahun, para korban hidup dengan tenang dan damai. Ketenangan tersebuttiba-tiba terusik dengan surat Polda Jawa Tengah yang ditandatangani oleh Ka Denma AKBP Maryadi S tertanggal 21 Juni 2002 perihal Pencabutan ijin Penempatan Rumah di Jalan Lampersari. Tindakan sewenang-wenang dan teror demi teror diterima oleh para korban, bahkan dipidanakan oleh Polda Jawa Tengah dengan tuduhan menghuni rumah tanpa ada persetujuan atau ijin dari pemilik.

Keadilan masih berpihak. Bahwa atas laporan dari Polda Jateng yang mempidanakan para korban tersebut,dalam putusan kasasi Mahkamah Agung melalui Putusannya No: 564 K/Pid/2007 melepaskan para korban (para terdakwa)  dari seluruh tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Bahwa Para Terdakwa tidak terbukti menghuni rumah tanpa ada persetujuan atau ijin dari pemilik (sebagaimana Pasal 36 (4) Tahun 1992 Jo PP No: 44 Tahun 1994 Tentang Penghunian Rumah oleh Bukan Pemilik, dikarenakan Polda Jateng bukanlah pemilik melainkan hanya diberi kewenangan untuk menunjuk penghuni yang mana kewenangan tersebut telah daluwarsa sebagaimana ketentuan Pasal 1948 Kitab Undang-undang Hukum Perata Pelepasan lewat waktu dapat dilakukan secara tegas atau secara diam-diam. Pelepasan secara diam-diam disimpulkan dari suatu perbuatan yang menimbulkan dugaan bahwa seseorang tidak hendak menggunakan suatu hak yang telah diperolehnya”dikarenakan Polda Jawa Tengah sejak tahun 1956 sampai dengan saat ini tidak pernah menjalankan kewajibannya merawat dan membayar segala kewajibannya yang lain terhadap rumah tersebut.

Untuk itu, kami mengundang segenap kawan-kawan media se-Jawa Tengah untuk dapat datang dan  meliput pelaporan ke KemenkumHAM dan aksi pada:

Hari/Tanggal           : Rabu, 30 Maret 2016

Waktu                        : 09.00 WIB – Selesai

Tempat                      : kantor wilayah kemenkumham Jateng

Jln. Dr. Cipto, Sarirejo, Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah

Demikian Undangan peliputan kami sampaikan, atas liputanya kami ucapkan terimakasih

Kontak Person

– Atma (LBH Semarang)  : 085743210103



Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054