Laporkan Money Politik Fadli Zon, Aktivis Semarang Dikriminalisasi

3 - Nov - 2015 - by - Advokasi,Kliping Media,Litigasi - No Comments »
Picture ofLaporkan Money Politik Fadli Zon, Aktivis Semarang Dikriminalisasi

Metro Semarang.com, 2 Nopember 2015

Laporkan Money Politik Fadli Zon, Aktivis Semarang Dikriminalisasi

METROSEMARANG.COM – Kriminalisasi Ronny Maryanto, pegiat anti korupsi yang melaporkan kasus dugaan politik uang Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pada Pemilihan Legislatif 2014 berlanjut. Ronny yang ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik itu kini kasusnya telah masuk ranah kejaksaan.

B‎erkas perkara Ronny telah dilimpahkan penyidikannya dari Bareskrim Mabes Polri ke Kejaksaan Negeri Semarang. “Sudah. Saya dipanggil kejaksaan untuk tahap dua kamis dua pekan lalu,” kata Ronny, dalam jumpa pers, di kantor Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi Nepotisme (KP2KKN) Jateng, Senin (2/11).

Ronny dijadikan tersangka atas tuduhan pencemaran nama baik. Ia juga terjerat pasal dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Menurut Ronny, kasus yang menjeratnya saat ini sudah beralih ke ranah penuntutan. Sudah ada jaksa khusus yang melakukan penyidikan atas limpahan berkas dari Bareskrim tersebut.

“Penyidik Bareskrim Mabes Polri ke Kejari Semarang. Saat ini, kasus saya sudah ditangani jaksa,” ujar dia.

Menurut dia, sangkaan pasal yang dituduhkan kepadanya telah berubah, dari semula pasal 27 UU ITE, ke pasal pencemaran nama baik. Ia mengaku sempat protes atas perubahan sangkaan pasal kepadanya.

“Penyidik saat itu menjelaskan, pasal 27 UU ITE sangat lemah untuk digunakan, makanya kemudian diganti pasal itu. Saya kira itu ada upaya mencari jeratan untuk mencari kesalahan para aktivis,” ungkapnya.

Sebelumnya, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Semarang prihatin dengan perkara yang menimpa Ronny Maryanto. Tindakan Ronny yang melaporkan dugaan money politik sudah benar. Tindakan itu mewakili warga negara yang baik karena berani melapor

Fadli Zon saat itu menggelar kampanye di Pasar Bulu, Kota Semarang. Ia dilaporkan membagi-bagikan sejumlah uang pada pedagang. Dugaan itu dilaporkan Ronny ke Panwaslu Semarang. Namun Panwaslu menyatakan politik uang tidak terbukti. (byo)

 



Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054