Press Release “Koalisi Anak Bangsa Peduli Jasa Pahlawan”

22 - Okt - 2014 - by - Siaran Pers - No Comments »
Picture ofPress Release “Koalisi Anak Bangsa Peduli Jasa Pahlawan”

 “PRESS RELEASE”

KOALISI ANAK BANGSA PEDULI JASA PAHLAWAN

 
Hari ini Rabu, 22 Oktober 2014, kami Koalisi Anak bangsa Peduli Jasa Pahlawan (KABPJP) melakukan aksi damai di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah dan di depan Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Menyuarakan keadilan untuk Ibu Arie Soetanto (Janda Pahlawan) Eks TNI BRIGADE XVII Tentara Pelajar yang telah diusir paksa oleh Kanwil Bea Cukai Semarang 3 Juni 2014 yang lalu.
Setelah kami melakukan aksi di depan kantor Pusat Bea Cukai jakarta, 11 Juli 2014 yang mana, Dirjen Bea Cukai tidak bersedia menemui delegasi kami, kali ini (KABPJP) hadir di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah dan PTUN Semarang untuk memberikan dukungan kepada keluarga pahlawan perang kemerdekaan veteran pejuang angkatan 45 (Keluarga Arie Soetanto), dengan harapan agar bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Kepala Daerah Tingkat I Jawa Tengah memperhatikan warganya yang telah diperlakukan tidak adil oleh Kanwil Bea Cukai Semarang.
Ibu Arie Soetanto dengan keluarga sudah menempati rumah negara golongan 3 di lingkungan Kementerian Keuangan, Dirjen Bea Cukai Kanwil Semarang di jalan Pandean Lamper I/45 yang telah dihuni lebih dari 30 tahun. Sesama janda Tentara Pelajar yang juga mempunyai Bintang Gerilya dan Tanda Jasa lainnya dari negara serta sama-sama menjadi janda pensiunan Departemen Keuangan, kalau publik masih ingat tahun 2010 janda Pahlawan Soetarti pensiunan PNS Depkeu akan melakukan 3 hal kalau diputus bersalah oleh PN Jakarta Timur :
1.      Membongkar makam almarhum suaminya dari TMP Nasional Kalibata Jakarta akan dipindahkan ke TPU / Keluarga.
2.      Mengembalikan semua tanda jasa yang dimiliki oleh keluarga kepada negara melalui Presiden RI
3.      Meminta diberhentikan tunjangan dari negara, yaitu tunjangan pensiun janda PNS Depkeu oleh Menteri Keuangan
Rasanya tidak berlebihan kalau ibu Arie Soetanto juga akan melakukan pengembalian tanda jasa yang telah diterima oleh Almarhum Arie Soetanto Eks. TNI BRIGADE XVII Tentara Pelajar (Pensiunan Departemen Keuangan – Dirjen Bea Cukai) kepada negara melalui Presiden serta memohon kepada Menteri Keuangan agar di stop / hentikan tunjangan dari negara sebagai janda pensiunan Pegawai Negeri Sipil.
Oleh karena itu, melalui aksi hari ini, kami KABPJP meminta dengan sangat kepada Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo dan Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang mengembalikan kedudukan keluarga Ibu Arie Soetanto kembali masuk ke rumah negara Golongan 3 seperti sediakala sama pada saat sebelum dikosongkan pada tanggal 3 Juni 2014. Dan dikembalikan juga semua barang-barang harta benda milik keluarga Ibu Longga Maryketini Ritonga dimasukkan kembali kerumah jalan Pandean Lamper I No. 45 RT 007 / RW. 008 Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan.
Untuk agenda sidang hari ini Rabu, 22 Oktober 2014 No. Perkara : 056/6/2014/PTUN.SMG adalah pemeriksaan saksi-saksi yang akan dihadirkan oleh Penggugat adalah saksi yang akan mengungkap ketidakadilan yang dilakukan oleh Tergugat (Kanwil Bea Cukai Semarang yang bertentangan dengan pasal 27 dan 28 huruf (i) UUD 1945 dan Pancasila khususnya sila ke 2 dan ke 5.
Sekali lagi kami elemen-elemen anak bangsa yang peduli jasa pahlawan mengingatkan kepada Gubernur Jawa Tengah dan Ketua Pengadilan PTUN serta Majelis Hakim yang menyidangkan perkara No. 056/6/2014/PTUN.SMG …..
“HARGAI DAN HORMATI JASA PAHLAWAN VETERAN PEJUANG
PERANG KEMERDEKAAN”
        Tidak akan ada Negara Kesatuan Republik Indonesia
        Tidak akan ada Gubernur Jawa Tengah
        Tidak akan ada Hakim dan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang
KALAU TIDAK ADA VETERAN PEJUANG ANGKATAN 45
 
BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI
JASA PAHLAWANNYA.
 
Semarang, 22 Oktober 2014
KOALISI ANAK BANGSA PEDULI
JASA PAHLAWAN KEMERDEKAAN


Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054