KALABAHU ANGKATAN 17 TAHUN 2014

27 - Aug - 2014 - by - Program - No Comments »
Picture ofKALABAHU ANGKATAN 17 TAHUN 2014

KARYA LATIHAN BANTUAN HUKUM

[KALABAHU] ANGKATAN 17

“Membangun Keberpihakan untuk Merebut Keadilan”

Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) adalah media pendalaman kemampuan hukum untuk memberikan bantuan ke masyarakat. KALABAHU merupakan pembekalan dasar kepada sarjana maupun mahasiswa hukum yang ingin menjadi praktisi hukum progresif. Oleh karenanya materi KALABAHU tidak sebatas pembahasan hukum yang pernah diajarkan di bangku kuliah, ada juga materi dasar yang disiapkan untuk membentuk karakteristik berfikir para pesertanya. Karakteristik ini diperlukan bagi pembentukan pola pikir, sifat dan sikap keberpihakan terhadap kepentingan masyarakat banyak. Setelah pola pikir, sikap dan keberpihakan itu tertanam maka diasah kemudian oleh Pengetahuan Penunjang mengenai Teori dan Praktik-praktik HAM, Gender, penting bagi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang untuk menyelenggarakan KALABAHU setiap tahunnya. Terdapat dua alasan strategis. Pertama, KALABAHU diperuntukkan bagi penyebaran ide-ide bantuan hukum structural ke masyarakat. Peserta yang begitu beragam dan menyebar di berbagai tempat, memudahkan penerapan visi dan misi bantuan hukum. Setidaknya visi dan misi tersebut dapat dipergunakan sebagai pendekatan atau cara untuk menyelesaikan sebuah masalah yang muncul. Kedua, strategis bagi proses regenasi di LBH-LBH, khususnya di LBH Semarang sendiri.

Adanya ribuan orang pencari keadilan datang ke LBH Semarang setiap tahunnya, menjadikan KALABAHU sebagai salah satu tempat mencari bibit tangguh, kreatif, inovatif dan progresif. Kebutuhan sumber daya manusia di LBH Semarang sangat penting, karena sangat jarang para praktisi memilih untuk menjadi pembela atau sering disebut sebagai pembela HAM.
Diketahui secara umum, bahwa peran LBH tidaklah pada wilayah pemberian bantuan hukum secara tradisional yaitu pendampingan hukum sebatas litigasi atau non-litigasi. LBH juga berperan untuk merubah system atau kebijakan pemerintah yang keliru terhadap masyarakat. Melalui pembekalan di KALABAHU diharapkan ada keterlibatan para praktisi atas perubahan kebijakan atau produk hukum yang tidak adil.

Selain itu, ada peran penting LBH dalam mencerdaskan masyarakat melalui sosialisasi hukum, pelatihan hukum dan penyadaran tentang hak-hak warga Negara yang harus dipenuhi. Melalui metode ini, pola pikir masyarakat dapat dirubah menjadi sosok yang tidak takut lagi mengemukakan pendapat dan berani menuntut hak-haknya, termasuk juga peran untuk terlibat dalam proses demokratisasi.Melihat betapa beratnya peran LBH, maka melalui KALABAHU sosok-sosok praktisi yang ideal dapat dibentuk. Kesamaan pemahaman, visi dan misi merupakan suatu keharusan dalam membela kepentingan masyarakat banyak. Ditambah juga dengan adanya jaringan yang lebih luas dari para peserta memudahkan LBH Semarang melakukan peran ditengah-tengah masyarakat. Adanya materi dasar sebagai bentuk pemantapan pemahaman, adanya materi penunjang terkait dengan isu-isu kemasyarakat menjadi dasar pembelaan, serta adanya pendalaman hukum positif secara teori maupun praktik menambah kemudahan melakukan pembelaan secara hukum. Metodologi yang sudah dirancang diharapkan dapat membuahkan praktisi-praktisi hukum yang ideal, adil, berpihak kepada masyarakat, mempengaruhi kebijakan dan menjadi contoh teladan di masyarakat. Konsep ini sangat ideal bukan tidak mungkin kaderisasi melalui KALABAHU dapat membuahkan pengaruh terhadap penegakan hukum di Indonesia yang sedang carut-marut.

MAKSUD DAN TUJUAN
1) Membentuk karakteristik Pekerja Bantuan Hukum yang memiliki keberpihakan terhadap masyarakat miskin, buta hukum dan tertindas;
2) Menciptakan pola pikir kritis bagi sarjana hukum dan mahasiswa hukum untuk terlibat dalam setiap perbuatan, pembuatan dan perubahan kebijakan pemerintah;
3) Membentuk keahlian para calon pekerja bantuan hukum dalam melakukan konsultasi, mediasi dan litigasi, dan pembelaan terhadap masyarakat marginal;
4) Menyebarkan visi dan misi LBH kepada seluruh peserta KALABAHU.

WAKTU DAN PELAKSANAAN

Waktu dan tempat pelaksanaan KALABAHU akan dilakukan pada tanggal 22 September – 15 Oktober 2014, bertempat di Kantor lama LBH Semarang, Jl. Parang Kembang No. 14 Tlogosari Kulon, Semarang 50196. (tempat sewaktu-waktu bisa berubah)

PENDAFTARAN

Pendaftaran peserta KALABAHU Angkatan 17 tahun 2014 dimulai tanggal 26 Agustus – 19 September 2014 di Kantor LBH Semarang, Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang, Candisari, Semarang 50256. Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054. E-mail: lbhsmg@indosat.net.id & lbhsmg@gmail.com. Pendaftaran dapat secara langsung datang ke kantor LBH Semarang atau dengan mengisi Form Pendaftaran secara elektronik (e-mail).

Pendaftaran via E-mail sah apabila dokumen yang didaftarkan (Formulir Registrasi Kalabahu, FC Ijazah S1 / Transkrip Nilai min 120 SKS terlagisir, FC KTP/SIM, Foto Warna 3×4, Surat Pernyataan Tidak dalam ikatan dinas sebagai PNS/TNI/POLRI, Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti KALABAHU LBH Semarang 2014 secara keseluruhan) diSCAN, dan seluruh filenya diemail bersama File Formulir Registrasi Kalabahu yang telah diisi lengkap, dan ditandatangani ke email: lbhsmg@indosat.net.id dan lbhsmg@gmail.com. Download –> File Formulir Registrasi Kalabahu 2014 , Surat Pernyataan Tidak Dalam Dinas PNS/POLRI/TNI , Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti Seluruh Rangkaian Kalabahu 2014.

SELEKSI CALON PESERTA KALABAHU

Seleksi Calon peserta Kalabahu tanggal 19 – 20 September 2014. Setelah pendaftaran, para calon peserta diseleksi sesuai dengan besaran nilai pada kuisioner yang telah disiapkan panitia pengarah. disaring sebanyak 50 (lima puluh) orang.

PENGUMUMAN DAN DAFTAR ULANG

22 September 2014. Dari hasil seleksi kemudian ditentukan dan diumumkan para calon peserta yang berhak mengikuti KALABAHU, sekaligus melakukan daftar ulang

SYARAT CALON PESERTA KALABAHU

1. Mahasiswa/Sarjana segala Jurusan (Diutamakan Sarjana/Mahasiswa dari Fakultas Hukum/Syari’ah);

2. Usia maksimal 27 tahun pada saat pendaftaran

3. Bagi Sarjana melampirkan fotocopy ijazahS-1/Tanda Kelulusan yang telah dilegalisir

4. Bagi Mahasiswa melampirkan hasil Studi/Transkip Nilai minimal 120 SKS, yang telah dilegalisir

5. Fotocopy KTP/SIM

6. Foto warna 3 x 4 (dua lembar)

7. Membayar biaya formulir Rp. 10.000.- (sepuluh ribu rupiah)

8. Membuat Surat Pernyataan Tidak dalam ikatan dinas sebagai PNS/TNI/POLRI

9. Membuat Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti KALABAHU LBH Semarang 2014 secara keseluruhan

10. Mengisi biodata dan tes tertulis yang telah disiapkan panitia.

BIAYA PELATIHAN

Biaya pelatihan KALABAHU Angkatan 17 tahun 2014 sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) [pelunasan maksimal tanggal 22 September 2014.

MATERI KALABAHU

1. Bantuan Hukum Struktural (BHS)

2. Militerisme

3. Teologi Pembebasan

4. Demokrasi dan Kekinian

5. Kapitalisme

6. Sosialisme

7. Pengantara Hak Asasi Manusia (HAM)

8. Politik Hukum Perburuhan

9. Hak Tanah

10. Hak Wilayah Pesisir

11. Hak Atas Kota

12. Hukum Lingkungan

13. Politik  Hukum Militer

14. Hak Sipil Politik

15. Hak Ekonomi Sosial dan Budaya (Ekosob)

15. Korupsi

16. GENDER

17. Hak Atas Informasi

18. Pengorganisasian

19. Analisis Sosial

20. Teknik Investigasi dan Dokumentasi

21. Media Kampanye

22. Teknik Advokasi

23. Strategi Advokasi Pidana

24. Strategi Advokasi Perdata

25. Strategi Advokasi PTUN

26. Participation Action Research (PAR)

27. Pemantauan Peradilan

28. Peradilan Hubunagn Industrial (PHI)

29. Kode Etik

 

PANITIA PENYELENGGARA

Kegiatan KALABAHU Angkatan 17 tahun 2014 ini diselenggarakan oleh YLBHI-LBH Semarang.

 

KONTAK PERSON

Zainal Arifin –> 085 727 149 369

Yunianto –> 083 838 633 648

 



Leave a Comment

Tulisan Terkait

27 - Mar – 2017 - Admin

KALABAHU 2017: Membumikan Bantuan Hukum Struktural Untuk Keadilan Sosial dan Pemuliaan Martabat Kemanusiaan


29 - May – 2017 - Admin

PENERIMAAN PENGABDI BANTUAN HUKUM (PBH) LBH SEMARANG Tahun 2017


4 - Jul – 2014 - Andiyono

Program TIFA


27 - Aug – 2014 - Admin

KALABAHU ANGKATAN 17 TAHUN 2014


7 - Mar – 2016 - Admin

KALABAHU 2016


© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054