Lokasi PLTU Dipindah

7 - Agu - 2014 - by - Kliping Media - 1 Comment »
Picture ofLokasi PLTU Dipindah

SM Cetak – Berita Utama

07 Agustus 2014

Lokasi PLTU Dipindah

 

SEMARANG – Pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 2 x 1.000 megawatt (MW) yang semula akan dibangun di Batang, akhirnya dipindah.

Keputusan tegas ini diambil mengingat alotnya pembebasan lahan selama bertahun-tahun. ‘’Lokasinya masih dirahasiakan, namun lahan yang digunakan adalah milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). L­a­han ini kapan saja siap dibangun PLTU,’’ kata Men­teri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tan­jung usai memimpin rapat koordinasi pembangunan infrastruktur, di kantor gubernur, kemarin.

Rapat tersebut dihadiri Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Her­manto Dardak, Gubernur Ganjar Pranowo, Direk­tur Uta­ma PLN Nur Pamudji, Dirjen Perkeretaapian Her­manto Dwiatmoko, serta puluhan pejabat lainnya.

Chairul Tanjung menjelaskan, dari hasil pemaparan Gu­bernur, Kapolda, Pang­dam, Kepala Kejaksaan Ting­gi, Bupati, hingga kepala desa dapat di­ambil kesimpulan ma­salah pembebasan la­han di lokasi PLTU Ba­tang sulit diselesai­kan. Permintaan ganti rugi dari pemilik lahan sangat tinggi dan cenderung tidak rasional.

Pemerintah sepakat untuk menyelesaikan persoalan pembebasan lahan di Batang dengan menggunakan UU No 2/2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pem­bangunan untuk Kepentingan Umum.

‘’Seluruh upaya negosiasi sudah mentok sehingga tidak mungkin lagi dilakukan langkah di luar undang-undang tersebut. Tapi persoalannya, proses pembebasan lahan menggunakan undang-undang juga akan membutuhkan waktu tidak sedikit. Diperkirakan pemrosesan peraturannya perlu waktu sekitar setahun,” jelasnya.

Perlu Segera Dibangun

Padahal pembangkit listrik berkapasitas besar itu perlu se­gera dibangun tahun ini, mengingat pulau Jawa akan mengalami defisit pasokan listrik pada 2018. ‘’Sia­pa in­ves­tornya sebenarnya sudah banyak yang meng­antre. Se­ka­rang kami kembalikan ke Batang, mau tidak dibangun PLTU. Kalau tidak ya tidak kami lanjutkan,’’ jelasnya.

Namun usulan alternatif tersebut bukan berarti meng­hentikan proses pembangunan PLTU di Batang. Menu­rut Ganjar Pranowo, jika masalah lahan di Batang bisa di­selesaikan dalam waktu cepat, PLTU di sana juga akan dibangun. ‘’Jadi nanti Jawa Tengah akan memiliki dua PLTU berkapasitas 2 x 1.000 MW. Yang satu investornya PT Bhimasena Power Indonesia, satunya lagi PLN,” imbuhnya.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menegaskan, PLTU kapasitas 2 x 1.000 MW sudah siap dibangun ta­hun ini juga. Lokasi pembangunan dirahasiakan untuk menghindari aksi spekulasi para makelar tanah. (J8,H68-90)

http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/07/269509



One Response to “Lokasi PLTU Dipindah”

  1. alamsyah berkata:

    berita ini berubah beberapa jam kemudian, dan muncul di website http://www.suaramerdeka.com bahwa PLN akan tetap melanjutkan proyek PLTU Batang.

Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054