Lokasi PLTU Dipindah

6 - Agu - 2014 - by - Kliping Media - No Comments »
Picture ofLokasi PLTU Dipindah

PLTU Batang Dipindah Lokasi

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 1.000 megawatt (MW) yang semula akan dibangun di Kabupaten Batang, akhirnya dipindah oleh pemerintah. Keputusan tegas ini diambil mengingat alotnya pembebasan lahan selama bertahun-tahun.

“Lokasinya masih dirahasiakan, namun lahan yang digunakan adalah milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Lahan ini kapan saja siap untuk dibangun PLTU,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung usai memimpin rapat koordinasi pembangunan infrastruktur, di kantor gubernur, Rabu (6/8).

Chairul Tanjung menjelaskan, masalah pembebasan lahan di lokasi PLTU Batang sulit diselesaikan. Permintaan ganti rugi dari pemilik lahan sangat tinggi dan cenderung tidak rasional. Pemerintah sepakat untuk menyelesaikan persoalan pembebasan lahan di Batang dengan menggunakan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

“Seluruh upaya negosiasi sudah mentok sehingga tidak mungkin lagi dilakukan langkah di luar undang-undang tersebut. Tapi persoalannya, proses pembebasan lahan menggunakan undang-undang juga akan membutuhkan waktu tidak sedikit. Diperkirakan pemrosesan peraturannya perlu waktu sekitar setahun,” jelasnya.

Padahal pembangkit listrik berkapasitas besar itu perlu segera dibangun tahun ini, mengingat pulau Jawa akan mengalami defisit pasokan listrik pada 2018. “Siapa investornya sebenarnya sudah banyak yang mengantri. Sekarang kita kembalikan ke Batang, mau tidak dibangun PLTU. Kalau tidak ya tidak kami lanjutkan,” jelasnya.

( Fani Ayudea / CN38 / SMNetwork )

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/08/06/212126/PLTU-Batang-Dipindah-Lokasi



Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054