Stop Union Busting

12 - Jun - 2014 - by - Siaran Pers - No Comments »

PRESS RELEASE

Salam Solidaritas kawan-kawan seperjuangan …Stop Union Busting

Berawal dari Kenaikan upah tahun 2014 Yang dilaksanakan di bulan April, yang mana dari hasil kenaikan upah yang ditentukan perusahaan telah membuat anggota menjadi resah, dikarenakan tidak adanya unsur keadilan. Maka dari kepengurusan mulai menindaklanjuti dengan cara menanyakan langsung kepada pihak Personalia/HRD dengan harapan dipertemukan pihak manajemen untuk “Duduk Bersama” membahas hal tersebut.

Pada tanggal 20 Maret 2014 Penyampaian Aspirasi diterima, tapi tidak ada keputusan karena pengambil keputusan (Dirut ) sedang tidak di tempat. Kemudian Perundingan Bipartit pun dilanjutkan pada tanggal 27 Maret 2014, Namun negosiasi ditolak oleh manajeme , dengan alasan kawan-kawan anggota menunggu di depan perusahaan. Kemudian pada tanggal 28 Maret 2014 pihak Disnakertrans memanggil kedua belah pihak membuat rumusan Skala Upah versi Serikat Pekerja dengan tujuan untuk diuji dengan rumusan skala upah versi manajemen  dengan anjuran dari Disnaker selang waktu 2 Minggu.

Setelah melewati batas waktu yang ditentukan, dari pihak manajemen tidak beritikad baik untuk duduk bersama membahas skala upah sebagaimana yang dianjurkan Disnakertrans, maka kepengurusan memberanikan diri untuk mengajukan surat aksi tertanggal 16 April 2014/no. XI/B/PUK SPAI FSPMI PT.ESPERA SATYA/SMG/IV/2014. Pada tanggal 17 April 2014 PUK Mendapat Undangan Dinas oleh Disnakertrans Kota Semarang dengan agenda Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dan menghasilkan deathlock / tidakada kesepakatan. Pihak manajemen memberitahukan informasi terkait “Pengumuman No.024/PERS/IV/2014” tentang intimidasi kepada karyawan yang akan tetap melakukan aksi unjukrasa tertanggal : 28,29,30 April 2014 akan dikenakan sanksi berupa SP 1 & Sebagai SP berikutnya bagi karyawan yang telah mendapatkan SP sebelumnya.

Kegiatan  Unjuk Rasa   tetap dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, dan Rabu/28, 29  dan 30 April 2014.  di ikuti Seluruh Anggota PUK SPAI FSPMI Espera Satya Offset dengan jumlah 400  Anggota Setelah melakukan mogok kerja pada Tanggal  ,03 Mei 2014 Perusahaan membuat kebijakan   kontroversial yaitu di PHK nya terhadap 10 Orang Pengurus , dengan alasan mogok kerja secara berturut – turut  dan di kualifikasi pengunduran diri  PUK di undang pihak manajemen & dinyatakan D.O. oleh pihak perusahaan : PHK sepihak dengan dalih diskualifikasi telah mengundurkan diri. serentak kawan-kawan anggota menolak  dengan adanya kebijakan tersebut , bahwa ini adalah bagian dari bentuk  pemberangusan  pengurus serikat pekerja  di karenakan pengurus serikat pekerja  sedang  memperjuangkan kesejahteraan  terhadap anggota. Ini adalah bagian dari bukti  Perusahaan telah melakukan pelanggaran  sebagaimana di atur di dalam ketentuan UU  No 21 Tahun 2000 pasal 28.

Bahwa Praktek UNION BUSTING/pemberangusan  terhadap pengurus serikat pekerja , sering terjadi di Kota Semarang , dan seakan- akan  dari Perusahaan tidak tersentuh hukum , di karenakan tidak ada keseriusan  dari Negara ,  manakala  buruh  memperjuangkan  sebuah kesejahteraan , PHK  yang menjadi ancaman.

Sampai dengan detik ini selama proses mulai tertangal 01 Juni 2014 10 orang ter-PHK sepihak belum menerima upah dari perusahaan. Dan mulai tanggal 12 Juni 2014, pihak manajemen makin berulah dengan menyewa ‘JASA KEAMANAN’. Dengan adanya ‘JASA KEAMANAN’ yang di tanam di perusahaan, karyawanpun menjadi resah, tidak nyaman dengan keberadaan ‘JASA KEAMANAN’ tersebut yang masuk ke areal produksi.  Atas kesadaran perjuangan kawan – kawan  di karenakan samapai saat ini tidak adanya tanggapan  terkait tuntutan  kami akan melakukan mogok kerja  yang ke II pada  tanggal 11-18 Juni 2014.

Maka kami selaku Pengurus dan Anggota SPAI FSPMI bersama YLBHI-LBH Semarang menuntut :

  1. Segera Revisi Skala Upah yang dibuat oleh Manajemen Perusahaan dengan memenuhiRasa keadilan
  2. Cabut surat PHK sepihak
  3. Hapuskan PRAKTEK UNION BUSTING


Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054