Advokasi Permasalahan SUTT Masyarakat Dukuh Tembeleng, Kaliaman, Jepara

PERMASALAHAN SUTT 150 KV MASYARAKAT DUKUH TEMBELANG DESA KALIAMAN

KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA

 

Permasalahan ini bermula pada bulan september 2012 dimana pada saat itu PLN akan memanfaatkan ruang untuk kabel/ instalasi jaringan SUTT yang melewati pohon randu milik Bapak Sumarjo. Pada saat akan dimanfaatkan, pohon randu tersebut akan ditebang paksa oleh PLN yang waktu itu diwakili oleh Bapak Widodo, Bapak Purwadi, dan Tukang-tukangnya, namun karena menolak untuk ditebang paksa maka kemudian urung dilakukan oleh PLN dan justru memasang saja melewati pohon randu tersebut.

Setelah instalasi SUTT sudah terpasang semua, pada tanggal 28 februari 2014 terjadi konsleting di jaringan SUTT yang menyebabkan terbakarnya tanaman randu milik Bapak Sumarjo. Atas kejadian tersebut kemudian warga melaporkan kepada Carik/ Sekretaris Desa Kaliaman yang kemudian diteruskan dengan adanya survey atau kunjungan Petinggi Desa Kaliaman bersama Carik/ Sekretaris dan Camat Kembang ke lokasi kejadian.

Setelah kunjungan tersebut sampai dengan tanggal 15 maret 2014 tidak ada tindak lanjut penyelesaian permasalahan tersebut. Hingga kemudian pada tanggal 15 maret tersebut barulah Bapak Mariyadi dan Bapak Sudarlim dipanggil ke kelurahan untuk membahas harga tanaman tetapi kembali tidak ada hasil dan setelah itupun tidak ada kelanjutannya. Bahwa setelah itu,ternyata pada bulan 22 Juni 2014 terjadi kembali konsleting listrik hingga menyebabkan pohon randu lainnya milik Bapak Sutariyono juga terbakar.

Atas permasalahan-permasalahan tersebut, warga kemudian mengadukan ke LBH Semarang dan meminta pendampingan. Setelah melakukan investigasi dan melakukan kajian hukum pada tanggal 24 Juni 2014 Tim LBH Semarang bertemu dengan 37 warga untuk membicarakan strategi advokasi kasus tersebut.

Posts created 13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas