Pendampingan warga Rembang menolak Pembangunan Pabrik Semen

7 - Jul - 2014 - by - Advokasi,Non Litigasi - No Comments »

PENOLAKAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN PT. SEMEN GRESIK (Persero) Tbk / PT. SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk DI KAWASAN GUNUNG WATUPUTIH KABUPATEN REMBANG

Bahwa setelah mendapat penolakan di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, sekitar tiga tahun lalu, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk yang sekarang berganti nama sejak 20 Desember 2012 menjadi PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk berencana melakukan pembangunan pabriknya di Kawasan Gunung Watuputih Kabupaten Rembang dengan nilai proyek Rp 3,7 Triliun. Dimulai pada tanggal 14 Oktober 2010 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk mengajukan ijin dan kemudian mendapatkan Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) dengan diterbitkannya Keputusan Bupati Rembang No. 545/68/2010 Tentang Pemberian Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) Eksplorasi Tras Kepada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Setelah itu pada tanggal 18 Januari 2011 Bupati Rembang menerbitkan Keputusan No. 545/4/2011 Tentang Izin Usaha Penambangan (IUP) Eksplorasi Atas Nama PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Setelah itu dilanjutkan pada tanggal 18 Nopember 2011 Bupati Rembang menerbitkan Keputusan No. 591/040/Tahun 2011 Tentang Pemberian Izin Lokasi Kepada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk Untuk Pembangunan Pabrik Semen, Lahan Tambang Bahan Baku dan Sarana Pendukung Lainnya. Selain itu, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk telah melakukan penyusunan Amdal dan dinyatakan layak pada tanggal 30 April 2012 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 660.1/10 Tahun 2012 Tentang Kelayakan Lingkungan Hidup Rencana Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen oleh PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Setelah adanya Keputusan dari Gubernur Jawa Tengah mengenai Kelayakan Lingkungan Hidup Rencana Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, pada tanggal 7 Juni 2012 Gubernur Jawa Tengah kembali mengeluarkan Keputusan No. 660.1/17 Tahun 2012 Tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen Oleh PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Dengan demikian pada tanggal 15 Februari 2013 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk telah memegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi dengan dikeluarkannya Keputusan Bupati Rembang No. 545/0230/2013 Tentang Pemberian Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Batuan Tanah Liat Kepada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

Meski telah mengkantongi sejumlah izin, ternyata dalam rencana pembangunannya, masyarakat merasa bahwa pihak PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk tidak pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang akan terkena dampak. Bahkan dalam proses penyusunan Amdal dan sidang Amdal, masyarakat yang terkena dampak (yang melakukan penolakan) tidak pernah dilibatkan. Terlebih lagi dalam proses pengadaan tanah oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, masyarakat pemilik tanah mengalami intimidasi oleh aparat, pemdes, pemkab, dan pihak yang terkait dengan perusahaan. Sementara berdasarkan hasil penelitian masyarakat bersama HSC dan SCA terdapat lebih dari 50 mata air yang ada di lokasi rencana penambangan (Tegaldowo) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Selain itu, rencana pembangunan pabrik PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk juga menggunakan lahan hutan produksi milik Perum Perhutani. Bahwa masyarakat akhirnya melakukan penolakan terhadap pembangunan pabrik dan lahan penambangan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk mayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh tani karena latar belakang tersebut dan selain itu merekamerasa terancam akan menjadi pengangguran ketika lahan-lahan pertanian habis untuk ditambang. Alasan lainnya masyarakat menolak juga karena kawasan Cekungan Watu Putih sebenarnya masuk kedalam kawasan lindung. Sehingga atas dasar tersebut masyarakat yang kemudian mengadukan permasalahanya kepada LBH Semarang dan saat ini bersama dengan jaringan lainnya LBH Semarang melakukan advokasi.



Leave a Comment

© Copyright 2017 by Yayasan LBH Indonesia - Lembaga Bantuan Hukum Semarang
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: yunianto2008@gmail.com

Alamat:
Jl. Jomblangsari IV No. 17 Jomblang
Candisari, Semarang
Telp. (024)86453054, 86453050 Fax. (024)86453054